Rumah Subsidi di Ujung Tanduk, Rumah Syariah Jadi Penyelamat

Rumah Subsidi di Ujung Tanduk, Rumah Syariah Jadi Penyelamat

Rumahku-surgaku.org,Jakarta– Ketua Komtap Kadin Properti Setyo Maharso mengatakan, pembangunan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) selama ini jadi salah satu ujung tombak pemerintah di dalam memenuhi target Program Sejuta Rumah.

Namun pemerintah seakan kurang memberikan perhatian lebih terhadap pengembang sektor ini.Dengan habisnya kuota FLPP menyebabkan ketidakpastian industri properti.

“Terutama para pengembang properti baik REI, Himpera, Pengembang Indonesia, yang 70 persen dari anggotanya merupakan pengembang rumah FLPP,” kata Setyo di Kantor Kadin, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Gambar perumahan syariah Bumi Samawa Residence yang siap dibangun pengembang syariah Rumahku Surgaku.

Tercatat, ada 39 bank pelaksana penyalur dana FLPP tahun ini, terdiri atas sembilan bank umum nasional dan 39 bank pembangunan daerah. Dari jumlah tersebut hanya 18 bank pelaksana yang mampu menyalurkan KPR FLPP lebih dari 50 persen dari kuota yang diberikan berdasarkan Perjanjian Kerjasama Operasi (PKO).Sampai kuartal II-2019, baru 67 persen KPR FLPP yang telah tersalurkan ke masyarakat dari total target 68.858 unit. Itu artinya, masih ada 22.084 unit yang hingga kini belum tersalurkan.

Terpisah, CEO dan Founder Rumahku Surgaku Deri Suandi mengatakan, pemerintah gagal membangun rumah bersubsidi lantaran dihambat oleh regulasi yang dibuat pemerintah sendiri. Padahal dalam undang-undangnya semua warga Negara berhak mendapat rumah yang layak. “Karena masih pakai kacamata bank maka banyak orang Indonesia yang gagal miliki rumah,” katanya.

Ia mengungkapkan, bermunculannya pengembang syariah bakal menyelamatkan masyarakat yang belum memiliki rumah. Penjualan rumah dengan skema syariah ini sangat disambut masyarakat. Itu karena tanpa perlu BI checking dan tanpa harus pakai slip gaji. Selain itu tanpa bunga, tanpa didenda dan disita. Syarat yang ringan ini berbondong-bondongnya masyarakat beralih ke rumah syariah.(wan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *