Benarkah Setan Lari dan Takut dengan Suara Adzan?

Benarkah Setan Lari dan Takut dengan Suara Adzan?

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

«إِذَا نُودِيَ بِالصَّلاَةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ الأَذَانَ، فَإِذَا قُضِيَ الأَذَانُ أَقْبَلَ، فَإِذَا ثُوِّبَ بِهَا أَدْبَرَ، فَإِذَا قُضِيَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ، حَتَّى يَخْطِرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ، يَقُولُ اذْكُرْ كَذَا وَكَذَا مَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ، حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ إِنْ يَدْرِي كَمْ صَلَّى»

 

“Jika (azan) shalat dikumandangkan, larilah setan terkentut-kentut sehingga tidak mendengar azan, dan bila azan selesai ia kembali. Jika iqamah ia lari dan bila iqomah selesai ia kembali, sehingga berbisik dalam hati manusia, ‘Ingatlah ini dan itu’ apa yang tadinya tidak ingat, sehingga orang lupa tidak mengetahui berapa rakaat ia telah shalat.”

(HR. Al-Bukhari dan Muslim ).

Di hadits yang lain, beliau SAW juga bersabda :

إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لَا يَسْمَعَ التَّأْذِينَ

“Apabila panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga dia tidak mendengarkan adzan lagi” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Mengapa setan lari saat mendengar adzan? Seperti dalam hadits tersebut, setan takut dengan panggilan shalat itu. Begitu besar takutnya hingga mereka lari sambil terkentut-kentut.

Kalimat adbarasy syaithan menggambarkan kondisi setan ketika ia lari begitu mendengar adzan, karena setan menganggap adzan sebagai sesuatu yang sangat besar dan menakutkan. Hingga setan terkentut-kentut. Itulah yang terjadi.

Lantas mengapa setan begitu takut dengan suara adzan melebihi ketakutannya pada ayat-ayat Al Qur’an secara umum?

Setan lari mendengar suara adzan karena adzan berisi kalimat tauhid dan syiar-syiar Islam. Setan juga putus asa dalam menggoda seseorang ketika terdengar pernyataan tauhid.

Semoga Allah SWT menjaga kita dari godaan setan. Amin Ya Rab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *