Hagia Sophia Akan Segera Berubah Menjadi Masjid

Hagia Sophia Akan Segera Berubah Menjadi Masjid

Rumahku-surgaku.org, Tangerang – Baru-baru ini presiden Turki Recep Tayyib Erdogan berniat untuk merubah status Hagia Sophia menjadi masjid. Presiden yang sering menjadi sorotan dunia ini segera mengalih fungsikan Hagia Sophia menjadi tempat ibadah kaum muslimin Turki dan dunia pada umumnya.

“Hagia Sophia tidak akan disebut lagi sebagai museum. Kami akan mencabut status itu dan menyebutnya sebagai sebuah masjid,” ujar Erdogan seperti dilansir VOA, Kamis (28/3).

Erdogan menilai telah terdapat kesalahan membuat bangunan yang merupakan salah satu ikon negara itu menjadi sebuah museum.

Sebelumnya, Hagia Sophia merupakan sebuah gereja dan kemudian menjadi masjid. Setelah itu, bangunan bersejarah itu pun diputuskan untuk menjadi sebuah museum.

Bangunan yang dibangun pada abad keenam itu diubah menjadi museum saat Turki berada di bawah pemerintahan sekuler Mustofa Kemal, yang pada akhirnya memungkinkan semua orang dari berbagai agama mengunjunginya.

Erdogan mengatakan siapapun yang datang ke Hagia Sophia berarti mereka telah datang ke sebuah masjid. Selama ini, bangunan tersebut menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *