Indonesia Tolak Klaim Israel Terhadap Dataran Golan

Indonesia Tolak Klaim Israel Terhadap Dataran Golan

Rumahku-surgaku.org, Tangerang – Indonesia angkat bicara terkait klaim yang dilakukan oleh Israel atas dataran tinggi Golan. Klaim oleh Israel atas Golan ini dirasa akan semakin membuat situasi memanas dan ketegangan serta mengganggu stabilitas kawasan.

Melalui keterangan tertulis yang diunggah dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (28/3), Indonesia menyatakan tetap mengakui Dataran tinggi Golan. Golan dianggap sebagai bagian yang tak terpisahkan dari wilayah kedaulatan Republik Suriah yang saat ini diduduki Israel pascaperang 1967.

Posisi Indonesia ini berdasarkan pada prinsip dalam Piagam PBB mengenai penghormatan atas kedaulatan dan integritas teritorial setiap negara. Serta berbagai elemen yang terkandung pada resolusi-resolusi Dewan Keamanan terkait Dataran Tinggi Golan.

Indonesia mendesak dunia internasional untuk terus menghormati hukum internasional dan piagam PBB. Serta tetap berpedoman kepada Resolusi PBB terkait dalam mendorong proses perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *