Ketika Suami Bercanda Mengucapkan “Talak” Kepada Istri

Ketika Suami Bercanda Mengucapkan "Talak" Kepada Istri

Rumahku-surgaku.org, Tangerang – Ada seorang suami yang bermain kata-kata cerai atau talak dengan tujuan untuk mengagetkan (baca ; prank) sang istri, sebagai contoh sang suami mengucapkan “masakanmu ga enak, kamu saya cerai sekarang juga” . Apakah peecerain ini dianggap sah dalam islam ataukah tidak?

Allah SWT berfirman ;

وَإِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاءَ فَبَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ سَرِّحُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَلَا تُمْسِكُوهُنَّ ضِرَارًا لِتَعْتَدُوا وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهُ وَلَا تَتَّخِذُوا آَيَاتِ اللَّهِ هُزُوًا وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَمَا أَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِنَ الْكِتَابِ وَالْحِكْمَةِ

“Apabila kamu mentalak isteri-isterimu, lalu mereka mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan cara yang ma’ruf, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang ma’ruf (pula). Janganlah kamu rujuki mereka untuk memberi kemudharatan, karena dengan demikian kamu menganiaya mereka. Barangsiapa berbuat demikian, maka sungguh ia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Janganlah kamu jadikan hukum-hukum Allah permainan, dan ingatlah nikmat Allah padamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepadamu yaitu Al Kitab dan Al Hikmah (As Sunnah)” (QS. Al Baqarah: 231).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda ;

ثَلاَثٌ جِدُّهُنَّ جِدٌّ وَهَزْلُهُنَّ جِدٌّ النِّكَاحُ وَالطَّلاَقُ وَالرَّجْعَةُ

“Tiga perkara yang serius dan bercandanya sama-sama dianggap serius: (1) nikah, (2) talak, dan (3) rujuk”.(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Dari dalil diatas ini para ulama sepakat akan sahnya talak dari orang yang bercanda, bergurau atau sekedar main-main.

Ibnul Mundzir berkata, “Para ulama dari yang saya ketahui berijma’ (sepakat) bahwa talak yang diucapkan serius maupun bercanda adalah sama saja (tetap jatuh talak)”.

Imam Nawawi berkata, “Orang yang mentalak dalam keadaan ridho, marah, serius maupun bercanda, talaknya teranggap”.

Oleh karena itu jangan sekali kali menggunakan talak atau cerai sebagai mainan.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *