Organisasi RCC Bermunculan di Sejumlah Daerah

Organisasi RCC Bermunculan di Sejumlah Daerah

Rumahku-surgaku.org, Banyumas-Kehadiran organisasi RCC (Riba Crisis Centre) direspon positif masyarakat. Itu diketahui saat organisasi tersebut melakukan sosialisasi anti riba ke masyarakat.

Mereka menginginkan organisasi ini bisa hadir di tengah-tengah masyarakat. Fungsinya untuk memberikan pencerahan dan nasihat kepada masyarakat  soal bahaya riba.

Sementara dorongan untuk pembentukan organisasi ini juga muncul di sejumlah daerah. Sebelumnya sudah terbentuk DPD RCC Samarinda di Kalimantan Barat. Selanjutnya bulan Oktober mendatang akan terbentuk RCC Banyumas di Jawa Tengah.

Fachroni, warga Kota Tangerang mengungkapkan, keberadaan RCC ini sangat ditunggu masyarakat untuk perubahan. Masyarakat butuh suatu wadah panutan untuk perubahan akhlak dan juga ekonomi. “Saya kira RCC ini sangat tepat,” katanya,  Kamis (26/9/2019).

Pria yang biasa dipanggil Roni ini menjelaskan, praktik ekonomi yang tidak sesuai islam telah merusak bangsa. Seperti praktik riba yang telah menenggelamkan masyarakat.

Kata Roni, masyarakat sudah tahu bahwa praktik riba itu dilarang dan sudah merusak tatanan masyarakat. Namun tidak adanya panutan dan wadah tadi untuk memberantas maka masyarakat apatis.

Terpisah, Divisi Ekonomi DPD RCC Samarinda Budi Aryanto mengatakan, kehadiran RCC di wilayahnya sedikit sudah berdampak perubahan. Seperti masyarakat mulai meninggalkan praktik-paraktik riba. “Sementara dari kami awali lewat rumah syariah yang tidak menerapkan bunga dan juga penyitaan rumah,” katanya.

Adapun informasi yang didapat tim media Rumahku Surgaku sejumlah tokoh Banyumas akan masuk ke pengurusan DPD RCC wilayah itu. Antara lain Hudoyo, Achamd Badawi, Hadi, dan Tanto. Sementara kepengurusan RCC yang sudah terbentuk ada di Padang, Bengkulu, dan Padang. Kemudian Subang, Bandung, dan Tangerang.(wan) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *