RCC Ajak Masyarakat Keluar Dari Zaman Jahiliyah

RCC Ajak Masyarakat Keluar Dari Zaman Jahiliyah

Rumahku-surgaku.org,Tangerang-Organisasi Riba Crisis Centre (RCC) menilai praktik riba sudah familiar di masyarakat. Bahkan dijadikan solusi memenuhi kebutuhan lewat kegiatan hutang-piutang.

Hal itu mengemuka saat silaturahim pengurus DPP dan DPD RCC di Gedung Pusat Bisnis Vivo, Neglasari, Kota Tangerang, Banten, Jumat (17/5/2019) sore. Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPP RCC Deri Suandi, kemudian Ketua DPD RCC Tangerang Hermansyah, dan Ketua DPD RCC Kabupaten Subang Arief Budiman.

Deri mengatakan, belum melihat dakwah ajaran Islam disampaikan secara detil. Seperti soal dakwah pencegahan praktik riba. Padahal riba ini efeknya luas dalam merusak tatanan masyarakat. Karena itu dosanya sangat besar yang menyebabkan pahala ibadah-ibadah lain rontok. “Lewat RCC ini, kami ingin mengeluarkan masyarakat dari Jahiliyah ke terang benderang,” katanya.

Kegiatan silaturahim sekaligus buka bersama DPD dan DPP RCC di Kota Tangerang.

Deri menceritakan, bahwa riba masalahnya sudah menjadi makro ekonomi. Sebab itu dalam dakwahnya amat berat dan perlu perjuangan. Ia menegaskan, karena butuh perjuangan memeranginya maka perlu dengan berhijrah. Artinya meninggalkan hal-hal yang dilarang Allah.

Menurutnya, RCC memiliki amanat berat dalam memberantas riba yang sudah kronis di masyarakat. Ada tiga program untuk memberantas riba yaitu edukasi, advokasi, dan ekonomi. Edukasi dengan sosialisasi-sosialisasi, advokasi dengan bantuan hukum, dan ekonomi dengan membangun unit-unit usaha syariah.

Sementara itu, Ketua DPD RCC Tangerang Hermansyah mengatakan, pertemuan yang digelar hari ini untuk meningkatkan prekuensi dan kekompakan pengurus dan anggota. Saat ini ada 10 DPD RCC di daerah dan yang belum akan menyusul dibentuk. “Setelah Lebaran program-program RCC bakal dijalankan cepat,” katanya.(wan)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *