Sunnah Dilakukan Saat Siang Berganti Malam

Sunnah Dilakukan Saat Siang Berganti Malam

Rumahku-surgaku.org, Tangerang – Berikut anjuran Rasulullah Muhammad SAW kepada ummatnya saat siang sudah bergantu malam.

عَنْ جَابِر بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَحُلُّوهُمْ فَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّه، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا. وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا. وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ.

Dari Jabir ibn Abdillah ra, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda:

Apabila malam mulai gelap atau malam telah tiba (waktu maghrib), maka tahanlah anak-anak kalian (agar tidak keluar dari rumah), karena saat itu setan berkeliaran. Apabila hari sudah malam, maka lepaskanlah mereka dan tutuplah pintu-pintu (rumah kalian) dan sebutlah nama Allah, karena setan tidak mampu membuka pintu yang tertutup. Ikatlah wadah (air minum) kalian sambil menyebut nama Allah dan tutup pula bejana-bejana kalian sambil menyebut nama Allah walaupun hanya dengan menaruh sesuatu di atasnya, dan matikanlah lampu-lampu kalian.

Pesan :

  1. Anjuran untuk melarang anak keluar dari rumah di waktu maghrib, karena waktu itu setan berkeliaran.
  2. Anjuran untuk menutup pintu dan menyebut nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup.
  3. Anjuran untuk menutup wadah makanan dan minuman, serta mematikan lampu sebelum tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *